Jumat, 24 Maret 2023

LOMBA BLOG RAMADHAN DAY - 3

 LBR DAY -3 

Sabtu, 25 Maret 2023

RAMADHAN SYAHRUL QUR'AN


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَ الْفُرْقَانِ

Bulan Ramadhan yang di dalamnya –mulai- diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan keterangan-keterangan yang nyata yang menunjuk kepada kebenaran, yang membedakan antara yang haq dan yang bathil.” (QS Al-Baqarah: 185)

© 2023 muslim.or.id
Sumber: https://muslim.or.id/21887-bulan-al-quran.html

Bulan Ramadhan adalah bulan Al-quran, karena pada bulan inilah pertama kali Al-Qur'an diturunkan. Al-Qur'an adalah sumber keutamaan bagi umat islam, merupakan petunjuk jalan kebenaran, merupakan rahmat, kemuliaan yang membawa keselamatan baik didunia maupun diakhirat.Barangsiapa yang ingin hidupnya mulia maka tidak ada jalan lain kecuali mentaati aturan Allah Sang Khaliq dengan cara mempelajari Al-Qur'an dan menjadikan Rasulullah sebagai panutan dengan cara mempelajari hadist hadist serta meneladani dalam kehidupan sehari hari, membaca sejarah Rasulullah juga menjadi salah satu cara mengetahui cara dan gaya hidup Rasulullah.

Bulan Ramadhan menjadi momen penting bagi umat islam untuk menguatkan cintanya kepada sang pencipta melalui kedekatan dengan Al Qur'an. Bukti cinta kita kepada Allah adalah seberapa interaksi kita dengan Al-Quran, seberapa paham kita dengan Al-Qur'an seberapa banyak kita mengamalkan Al-Qu'an. Pengakuan cinta kepada Allah menjadi terwujud manakala kita senantiasa bersama dengan apa apa yang menjadi kecintaan yang kita cintai. Mendahulukan segala keinginan hanya kepada keinginan yang dicintai. dan taat hanya kepada yang paling kita cintai. Ketika kita mampu menempatkan Allah sebagai ketaatan, kecintaan tertinggi, maka inilah yang dinamakan keimanan yang tinggi dan kecintaan yang murni.
Bagaiman cara kita agar semakin dekat dengan Al-Quran?.
1. Tilawatul Qur'an
Interaksi paling mudah adalah dengan membaca Al-Qur'an. Bacalah sesering dan sebanyak mungkin.Karena membaca Al-Quran setiap hurufnya bernilai, apalagi dibulan Ramadhan, Allah akan melipatgandakan pahalanya. Dengan banyak membaca Al-Qur'an akan membuat hati semakin bersih, pikiran tenang, lisan lebih terjaga. Dalam Al-Quran Allah berfirman dan bacalah Al-Quran dengan tartil, agar dengan perlahan bisa mendatangkan perenungan, pemikiran, bisa menggerakan kalbu, beribadah dengan tanda-tanda kebesaran Allah.

Bagaimana jika bacaanya belum benar? Sebagai umat muslim wajib baginya  membaca Al-Quran dengan benar. Maksudnya membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidah kaidah dalam membaca Al-Quran Karena itu upaya mempelajari dan  memperdalam harus kita lakukan agar bacaan kita benar. apalagi bacaan Al-Qur'an kita gunakan dalam ibadah sholat. Intinya tidak ada kata terlambat dalam belajar, dan setiap upaya tidak akan menghianati hasil, dan Allah akan menghitung setiap upaya yang kita lakukan

2. Tadabur Al-Quran
Tadabur Al-Quran adalah upaya kita untuk semakin memahami apa yang kita baca, sehingga memudahkan untuk mengamalkan

Ada tiga unsur penting dalam tadabbur Al-Quran:

  • Membaca Al-Quran dengan lidah
  • Memahami dengan akal pikiran apa yang dibaca
  • Menghayati dengan hati apa yang dibaca dan mengamalkannya dengan seluruh anggota tubuh terhadap apa yang dituntut oleh Al-Quran.

Tujuan tadabur Al-qur,an adalah agar pikiran memahami sehingga hati terasa khusyuk dan raga bisa mengamalkan apa yang sudah dipahami

3. Tahfidz Al-Quran
Untuk melekatkan Al-Quran dalam hati dan fikiran salah satu caranya adalah dengan menghafalkan Al-Quran. Bisa kita bayangkan berapa pahala yang kita dapatkan saat kita menghafalkan Al-Quran. Karena setiap ayat yang kita hafal tidak mungkin satu kali baca langsung hafal. Butuh pengulangan sesering mungkin untuk menghafal. Jika Al-Quran sudah dihafal diharapkan Al-Quran menjadi gaya hidup, pedoman hidup bagi para penghafalnya.

4. Mengamalkan isi kandungan Al-Quran
Mengamalkan Al-Quran menjadi bukti bahwa kita sudah memahami Al-Quran dan mentaati apa apa yang Allah perintahkan. Dalam mengamalkan Al-Qur'an butuh proses dan kesabaran. Sedikit demi sedikit asalkan konsisten, maka lama lama juga akan bertambah. Yang perlu kita jaga adalah ke istiqomahan dalam melaksanakan.

5. Mendakwahkan
Mendakwahkan Al-Quran menjadi bagian tersebarnya kebaikan dimuka bumi. 

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

 (HR Bukhari)  

Artinya: Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.

Mari jadikan bulan  ramadhan sarana untuk semakin dekat kepada Allah melalui interaksi kita dengan Al-Qur'an

Semoga kita semua menjadi ahlul Qur'an.


LBR Day - 3

Sabtu, 25 Maret 2023

By Soelistijani









2 komentar:

LOMBA BLOG RAMADHAN DAY - 3

 LBR DAY -3  Sabtu, 25 Maret 2023 RAMADHAN SYAHRUL QUR'AN شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَ...