Rabu, 25 Januari 2023

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA 28 KE 8

 



 KOMITMEN MENULIS DI BLOG


Oleh                     :  Soelistijani
Resume                : 8
Gelombang -        : 28
Tanggal                : 25 Januari 2023
Tema                     : Komitmen Menulis di BLOG
Nara Sumber       : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si
Moderator            : Sigid PN, SH
   
     Alhamdulillah atas ridho dari Allah SWT hari ini  KBMN PGRI 28 sampai pada pertemuan ke - 8 . Pertemuan demi pertemuan telah terlewati dengan paparan narasumber yang sangat luarbiasa. Disamping materi yang sangat mendalam paparanya, pengalaman dan prestasi para narasumber yang membuat kami semakin termotivasi untuk terus berkarya. 
     Materi yang akan dibahas pada hari ini adalah Komitmen Menulis Di Blog. Dengan narasumber Drs.Dedi Dwitagama,M.Si dan moderator Sigid PN,SH. Pertemuan kali ini juga diluar kebiasaan yang sudah berjalan sebelumnya. Jika sebelumnya pertemuan menggunakan WA Grub, kali ini menggunakan zoom meeting. Tentunya ini akan memberikan nuansa baru bagi kami, karena kami akan mendengarkan paparan secara langsung.
    Berbicara mengenai komitmen, bagi kami adalah suatu hal penting yang harus ada ketika kita sudah bertekad untuk melakukan suatu kegiatan dalam jangka waktu tertentu. Begitu juga kegiatan menulis ini diharapkan akan menjadi gaya hidup. Menulis setiap hari akan mengasah pikiran kita, melatih menyampaikan ide dan gagasan dengan tertata secara rapi sehingga ide kita bisa di pahami oleh para pembaca.
   
     Pertemuan kali ini saya ikuti dengan kurang maksimal karena dibersamai dengan derasnya hujan hujan. Namun saya tetap berusaha semaksimal mungkin mengikuti meski sepotong sepotong.   Narasumber kali ini adalah seorang penulis dan motivator. Beliau sudah 1204 kali memberikan presentasi sejak tahun 1990. Selain blogger beliau juga aktif di Instragram dan juga Tik Tok. Tema kita kali ini adalah bagaimana fokus menulis di Blog. 
     Saat ini ada 3.31 juta guru , tetapi mayoritas belum produktif. Yang dimaksud produktifitas adalah mendatangkan bisa mendatangkan hasil, mendatangkan manfaat atau juga menguntungkan.  Agar produktif harus punya visi,ide, pengembangan, perencanaan serta suka mengembangkan ide. 
     Dari berbagai kegiatan yang  kita lakukan sudah selayaknya kita dokumentasikan dalam bentuk tulisan dengan tujuan agar  tulisan tulisan itu menjadi jejak pada saatnya nanti. Suatu kegiatan ataupun prestasi yang kita lakukan dan kita raih ketika tidak dituliskan maka dengan berlalunya waktu peristiwa itu akan hilang, karena tidak ada jejaknya. Karena itu menuliskan suatu peristiwa atau kejadian sangat penting dan bermanfaat karena akan tetap ada sepanjang masa.
     Narasumber memberikan motivasi kepada kita  bahwa hidup harus meninggalkan jejak sesuai dengan peribahasa Harimau mati meninggalkan belang gajah mati meninggalkan gading. Bagaiman dengan kita? Apa yang bisa kita tinggalkan kelak dikemudian hari. Yang bisa kita tinggalkan adalah karya, yang bisa dinikmati oleh anak cucu kita. 
     Blog menjadi salah satu sarana bagi kita untuk menulis dengan tulisan yang sesuai selera dan kemampuan kita.
 Bagaimana agar konsisten dalam menulis di Blog?  
1. Tentukan tujuan  
2. Ikut komunitas   
 3. Banyak membaca tulisan orang 

4. bersyukur dan mendokumentasikan

    Rasulullah juga mengingatkan kepada kita Khoiru Nas 'anfauhum Lin nas, Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Menulis banyak memberikan kemanfaatan bagi orang lain bahkan kemanfaatan yang tidak terhenti waktunya. Berapa banyak sikap orang berubah karena membaca, berapa banyak juga orang terbuka pikiranya karena membaca, bahkan hidayah juga bisa didapat karena membaca. Jadi tulisan sangat efektif kemanfaatan bagi para pembaca. 

    Materi pada malam hari ini sangat luar biasa, satu paparan materi yang sangat bagus motivasinya sangat mengena dan belanjut dengan tanya jawab dari peserta, hingga jam 9.40 baru berakhir acaranya.  

       Trimakasih kepada Bapak Dedi  Dwitagama, semoga ilmunya bisa kami aplikasikan dan kami semua bisa mengikuti jejaknya.


3 komentar:

LOMBA BLOG RAMADHAN DAY - 3

 LBR DAY -3  Sabtu, 25 Maret 2023 RAMADHAN SYAHRUL QUR'AN شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَ...