Selasa, 14 Maret 2023

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA 28 KE 25

KBMN 28 KE 25
Senin, 6 Maret 2023


 Resume ke : 25
Gelmbang : 28
Tanggal : 8 Maret 2023
Tema : Point Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS
Narasumber : Dr Imron Rosidi,M.Pd
Moderator : Yandri Novita Sari,S.Pd

Assalamu,alaikum wr.wb.

Alhamdulillahirobbil'alamin, Syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmatnya sehingga hari ini sampai pada materi pelatihan yang ke 25. Dari berbagai materi yang saya 
 dapatkan banyak ilmu dan manfaat yang saya rasakan. Mulai dari keberanian untuk menulis , menuangkan ide dari yang sederhana. 

Materi pada pertemuan ke 25 kali ini adalah Point Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS. Dengan narasumber Dr Imron Rosidi M.Pd. dan moderator Ibu Yandri Novita Sari,S.Pd. Materi sangat penting dan berarti bagi saya karena terkait dengan kemanfaatan menulis dari sisi fungsi kedinasan. Tapi sebenarnya ini bukan tujuan utama menulis, ini adalah manfaat lain yang bisa kita ambil dan memberikan nilai lebih bagi penulis

Baiklah kita mulai dari Juknis atau peraturan pemerintah yang mengatur tentang Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya

Permen PANRB No. 16 Tahun 2009

Berdasarkan Permen PANRB No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, pada unsur Pengembangan Kepropesian Berkelanjutan (PKB) ada tiga sub unsur yang dapat diperhitungkan angka kreditnya yaitu : 

      1. Melaksanakan pengembangan diri
      2. Melaksanakan publikasi ilmiah
      3. Melaksanakan karya inovatif
A. Melaksanakan Pengembangan Diri 
Selain mengajar guru juga harus melaksanakan pengembangan diri seperti :
  • Mengikuti diklat - diklat
  • Mengikuti kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru.Yang sudah terbiasa kita lakukan adalah keaktifan di MGMP baik disekolah, maupun di Kabupaten.
B. Melaksanakan Publikasi Ilmiah 

Pada unsur publikasi ilmiah, untuk kenaikan pangkat dapat berupa : 

      • Presentasi di forum ilmiah
      • Laporan hasil penelitian (PTK)
      • Tinjauan ilmiah
      • Tulisan ilmiah populer
      • Artikel ilmiah
      • Buku pelajaran
      • Modul/diktat
      • Buku dalam bidang pendidikan
      • Karya terjemahan
      • Buku pedoman guru
  Yang mungkin dan mudah kita lakukan adalah menulis modul yang bisa langsung kita gunakan untuk siswa siswi kita.

C. Melaksanakan Karya Inovatif 
Berdasarkan lampiran Permenpan No: PER/16/M.PAN-RB/11/2009 , 10 November 2009, karya inovatif dapat berupa :
  • Menemukan teknologi tepat guna.
  • Pembuat/me-modifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum.

  • Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnaya pada

    tingkat nasional.

  • Menemukan/ menciptakan karya seni.


Buku Untuk Kenaikan Pangkat
Jenis - jenis buku yang dapat diperhitungkan untuk kenaikan pangkat diantaranya :
1. Buku Publikasi Ilmiah; dapat berupa :
  • Buku hasil penelitian; mengubah hasil penelitian dalam bentuk buku.
  • Buku pelajaran; yang ber- ISBN lengkap
  • Buku pengayaan; seperti : modul / diktat, buku pendidikan, karya terjemahan.
  • Buku pedoman guru.
2. Buku Karya Inovatif; dapat berupa:
  • Kumpulan cerpen ; terdiri dari 5 Cerpen atau lebih katagori sederhana, Lebih dari 10 cerpen katagori kompleks.
  • Kumpulan puisi; dapat berupa kumpulan 20 puisi atau lebih katagori sederhana, lebih dari 40 puisi katagori kompleks.
  • Novel; dapat berupa satu novel katagori sederhana dan dua novel katagori kompleks.
Angka Kredit Buku
Penghitungan angka kredit buku berdasarkan lampiran I Permenpan No: PER/16/M.PAN-RB/11/2009 sebagai berikut :
  1. Buku hasil penelitian ; berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP AK 4.
  2. Buku teks pelajaran ; buku yang berisi  buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu. BNSP dengan AK: 6, ber- ISBN dengan AK:3 dan tidak ber- ISBN dengan AK. 1. 

  3. Modul dan diktat ; modul bertujuan agar siswa dapat belajar sendiri sedangkat diktat bertujuan mempermudah/memperkaya materi matapelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru dan dapat dibuat  minimal per semester dan bisa dibuat pertahun. 

    Di tingkat provinsi AK 1,5

    Di tingkat kota/kab. AK 1

    Di tingkat sekolah AK 0,5

  4. Buku bidang pendidikan ; buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Buku yang dicetak dan diterbitkan ber-ISBN dengan AK 3, Buku yang dicetak dan diterbitkan tetapi belum ber-ISBN dengan AK 1,5 bidang pendidikan ;

  5. Karya terjemahan ; Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran  dengan AK 1. 
  6. Buku pedoman ;Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik dan dijilid hanya boleh 1 setiap pengajuan dengan AK 1,5.
  7. Buku karya inovatif ; berupa satu buah buku novel, naskah drama/film, atau buku cerita bergambar (komik) yang diterbitkan,dan ber-ISBN, buku kumpulan cerpen minimal 5 cerpen atau buku kumpulan puisi minimal 20 puisi diterbitkan, dan ber-ISBN. Satuan kliping minimal 5 cerpen atau kliping minimal 20 puisi yang dimuat di media masa yang ber-ISSN. penghitungan AK untuk katagori komleks AK. 4 dan katagori sederhana AK.2. 
Mengubah Laporan Penelitian Menjadi Buku Ber- ISBN
Untuk mengubah laporan penelitian menjadi buku ber- ISBN, narasumber memberikan contoh sebagai berikut :

Buku Membantu Pemenuhan PKB

Selama ini untuk kenaikan pangkat yang saya sertakan untuk unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) hanya melakukan pengembangan diri dengan mengikuti diklat - diklat fungsional dan publikasi ilmiah dengan membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), ternyata dengan membuat buku dalam bentuk modul, buku pelajaran dan lain- lain, AK yang didapat jauh lebih tinggi. 
Dan dengan menulis sebenarnya lebih simpel dan tidak banyak variabel yang dibutuhkan. 



Sebelum mengikuti pelatihan ini menulis adalah sesuatu yang sulit bagi saya. Keraguan tentang isi tulisan, cara penulisan, merasa tidak percaya diri dengan tulisan sendiri adalah hal yang sering terasa dalam diri saya. Dengan pelatihan ini menjadi bertambah yakin dan percaya diri dalam menulis.

Trimakasih kepada Narasumber atas segala ilmu yang sudah tersampaikan. Sangat beranfaat

Salam literasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOMBA BLOG RAMADHAN DAY - 3

 LBR DAY -3  Sabtu, 25 Maret 2023 RAMADHAN SYAHRUL QUR'AN شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَ...