KBMN 28 KE 19
Senin, 20 Pebruari 2023
MENULIS BUKU AJAR
Oleh : Soelistijani
Resume ke : 19
Gelmbang : 28
Tanggal : 20 Pebruari 2023
Tema : Menulis Buku Ajar
Narasumber : Dr Mudafiatun Isriyah,M.Pd
Moderator : Mutmainah
Alhamdulillah malam ini sampai pada pertemuan KBMN 28 ke 19. Semakin banyak materi yang kami dapat. Dan malam ini materi yang akan disampaikan adalah Menulis Buku Ajar, yang akan disampaikan oleh Ibu Dr Mudafiatun Isriyah,M.Pd dan moderator Mutmainah
Sebelum masuk pada materi OM Jay memberikan motivasi kepada kita diantaranya adalah:
Malam hari ini, kita mendapatkan narasumber yang luar biasa. Beliau juga sudah sekelas Ahmad Fuadi. Buku Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd telah mendapatkan penghargaan dari perpustakaan nasional sebagai buku terbaik. Penghargaan ini juga telah didapatkan Ahmad Fuadi, semoga buku ibu Dr. Mudafiatun juga menemukan takdir sebagai buku best seller sebagai buku non fiksi
Materi kita yang akan kita bahas adalah
1. Bahan Ajar VS Buku Ajar
2. Pentingnya BA dalam pembelajaran
3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran
4. Cara Penulisan Buku Ajar
5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar
Sebagai penulis buku yang harus kita kuasai adalah penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen
Point pertama yang akan kita bahas adalah Bahan Ajar VS Buku Ajar
Bagaimana Bahan ajar vs buku ajar itu?
1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.
2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
3. Bahan Ajar Cetak • Buku Teks,
•Buku Referensi, dan Monograf,
•Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ
•Panduan = Petunjuk = Pedoman,
•Atlas = Peta
•Diagram = Poster
•Brosur = Leaflet = Manual
Bahan Ajar non-Cetak
• Internet = Web Based Courses = e-learning
• CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer
• Slide
• Video / TV
• Audio / Radio
Sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.
Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
Point kedua yang akan kita pelajari adalah Mengapa BA penting dalam pembelajaran?
Apa pentingnya buku ajar dalam pembelajaran?
1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Mengapa buku ajar ini wajib diwujudkan oleh seorang guru
Mengacu pada TRILOGI PEMBELAJARAN
1.Tujuan,
2 Srtategi
3. Penilaian
Karena Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen
Beban belajar mahasiswa untuk 2 sks (SN-DIKTI, 2015): 2 sks = 340 menit. Kebutuhan bahan bacaan?
Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dlm mengajar nya yaitu dg menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yg kita ampu
Selain itu apa KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?
1. Promosi & Kenaikan P angkat2. Mendapatkan insentif3. Finansial-Royalti4. Eksistensi diri5. Media Ekspresi6. Branding Personal dan Institusi7. Penguatan Keilmuan; dll. Eksistensi dir
Dalam proses pembelajaran guru adalah sebagai agen Aktivitas Pembelajaran
Guru adalah sebagai Peneliti dan Pembelajar
Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar
Guru membuat RPS/Silabus
Desain pembelajaran sebagai langkah awal untuk memulai
semua mata pelajaran yg di desain itu sama dg outline calon buku kita
Ini yang akan menghasilkan buku ajar, Buku modul dan diktat
Seorang guru juga sbg PENELITI? makan akan menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah, ini bahan untuk menjadi buku
Apa saja contoh buku ajar dan buku hasil peneitian/pemikiran?
JENIS-JENIS BUKU AJAR
1. BUKU AJAR,2. BUKU MODUL,3. DIKTAT,4. PETUNJUK PRAKTIKUM,5. NASKAH TUTORIAL
Kalo BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN
Antara lain menghasilkan:
1. BUKU REFERENSI,2. MONOGRAF
Ternyata buku ini yang mendapatkan penghargaan terbaik 1 perpusnas dengan tema Pendidikan Jarak Jauh
Apa perbedaan BUKU AJAR VS BUKU TEKS?
Buku Ajar pada umumnya:
1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman.
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada umumnya:
1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun secara linier.
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum tentu ada rangkuman.
7. Materi buku teks sangat
8. Dikemas untuk dijual secara umum.
9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR
1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)
Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun
2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)
Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS
3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu
4. PROSEDUR KOMPILASI
Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
5. Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.
Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan
Kajian/BAB.
6. Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk
setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk
dibagi kepada mahasiswa).
7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa
untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.
PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI
Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.Petunjuk belajar bagi mahasiswa.Latihan.Ringkasan.Umpan balik.Evaluasi formatif.
PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
1. PRINSIP RELEVANSI
Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2. PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. PRINSIP KECUKUPAN
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
SISTEMATIKA BUKU AJAR
Biasanya tergantung dari penerbit juga ya, tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt menata outline buku kita sendiri yaitu: BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)
Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata
֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa֍ Identitas Mata Kuliah֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB I
Kemampuan AkhirIndikatorPendahuluan, terdiri dari:֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentangcakupan bab tersebut.֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalamanyang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagimahasiswa.
Penyajian:
֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenismateri) dan diikuti dengan contoh-contoh.֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelahmembaca uraian materi.֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yangdibahas.
Penutup, terdiri dari:
֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan KemampuanAkhir.֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kuncijawaban tes).֍ Tindak lanjut
Diperlukan juga: DAFTAR PUSTAKA
SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.
DAFTAR INDEX (jika diperlukan).
Malam ini serasa duduk dibangku kuliah, materinya sangat padat dan jelas. Sangat memberikan nutrisi bagi kami. Saya tidak bisa mengurai ataupun mengurangi, karena semua maknanya dalam sekali.
Trimakasih kami ucapkan semoga ilmunya menjadi amal jariyah.
By: Soelistijani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar