Senin, 16 Januari 2023

 KELOMPOK BELAJAR MENULIS NUSANTARA  28  KE 4

     MENGUKIR PENA 

16  Januari 2023
Oleh Soelistijani
Resume - 4
Gelombang - 28
Tanggal 16 januari 2023
Tema : Menulis Buku dari Karya Ilmiah
Nara Sumber : Eko Daryono,S.Pd
Moderator : Nur Dwi Yanti,S.Pd   

 

    Menunggu dengan penuh rindu dan haru,.Iya Kelompok Belajar Menulis Nusantara 28 ke 4 itulah yang kutunggu . Tema kali ini Menulis Buku dari Karya Ilmiah. Dengan narasumber Bapak Eko Daryono,S.Pd dan moderator Ibu Nur Dwi Yanti. S.Pd. 
     Acara dibuka dengan memberikan semangat yang membara bagi kita peserta yang sedari tadi sudah setia menunggu di depan laptop masing masing. Satu pesan yang disampaikan oleh moderator yang sangat menginspirasi bagi saya adalah kutipan dari motivator terkenal yaitu John Maxwell  yaitu  passion sebagai “the fuel for will’ atau bahan bakar untuk kemauan. Dalam artian passion mengubah “keharusan” menjadi “kemauan”. Jadi ketika kita sangat menginginkan sesuatu, kita akan menemukan tekad untuk melakukannya dan tidak akan berhenti sampai benar-benar mencapainya. Sentuhan yang begitu dalam bagi saya sebagai penulis pemula untuk terus bersemangat dan terus berusaha belajar sampai benar benar bisa.
     Narasumber kita kali ini adalah Mr. Yons  ungkap moderator. Beliau sosok guru yang bersahaja yang tergerak dan menggerakan dan membawa dampak bagi dirinya serta lingkungan. Selain sebagai pengajar, juga sebagai penulis, narasumber serta memiliki prestasi yang luar biasa.
    Sebelum masuk materi kita diminta untuk mengenal sosok beliau lewat sebuah tautan. Sekilas dari biografi beliau sangat luar biasa sekali karya yang banyak, pengalaman berorganisasi dan beliau selain sebagai penulis juga sebagi motivator, editor narasumber baik workshop maupun seminar.
    Apa itu KTI? Narasumber menyampaikan KTI dalam Peraturan Kepala LIPI Nomor 2, Tahun 2014 tulisan hasil litbang dan/atau tinjauan, ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis yang dituangkan oleh perseorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah ilmiah
     Apa sajakah yang termasuk KTI?
 

Secara umum KTI ada dua yaitu KTI Non buku dan KTI Buku
KTI non buku antara lain
 

1. KTI bidang akademis untuk mendapatkan gelar : tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi
2. KTI hasil penelitian : PTK, PTS, best practice, makalah, artikel, jurnal
3. 4. KTI berupa ulasan atau resensi.
 

KTI yang berupa buku anatara lain,  

1. Buku Bahan Ajar : diktat, modul, buku ajar, buku referensi
2. Buku Pengayaan : monografi, buku teks, buku pegangan, buku panduan
3. Buku kompilasi : bunga rampai, prosiding
 

     Bagaimana cara mengkonversi KTI menjadi buku?

                    1. Memodifikasi Judul 

                        Judul KTI umumnya mengandung unsur : variabel penelitian, objek penelitian, dan                                seting                         penelitian (baik tempat maupun waktu).Judul buku hasil konversi                            seperti judul buku-buku yang punya daya tarik dan daya jual harus menarik, unik,                                    mudah diingat, dan mencerminkan isi buku. Kemenarikan judul buku sifatnya subjektif.

                2. Memodifikasi sistematika dan gaya penulisan
                    KTI Nonbuku yang berupa laporan hasil penelitian umumnya ditulis dengan sistematika                        dan penomoran yang baku seperti yang telah saya uraikan di atas.

                    Nah, pada saat laporan tersebut dikonversi menjadi buku, maka harus dimodifikasi gayanya                     sesuai dengan gaya penulisan buku. Tidak tampak lagi adanya sub bab-sub bab yang                                membuat isi buku seolah-olah terpisah-pisah

                3. Modifikasi Bab I

                     Bab I yang biasanya Pendahuluan boleh tetap dipertahankan judulnya dengan                                         Pendahuluan , boleh Pembuka atau kata lain yang menggambarkan kemenarikan                                      Pada konversi PTK yang saya buat, saya rubah pendahuluan dengan FENOMENA                                 PEMBELAJARAN TIK yang tentunya berisi mengenai fenomena sebagaimana isi poin                         latar belakang dalam naskah laporan aslinya ditambah dengan fenomena kekinian agar                             pentingnya isi buku dapat ditonjolkan sejak awal sehingga pembaca merasa tertarik untuk                      membaca keseluruhan isi buku

                4. Modifikasi Bab II

                     

                        Susunan bab dan sub bab di atas saya rubah dalam gaya penulisan buku sehingga                                     menjadi beberapa bab, yaitu :

5. Memodifikasi Bab III

                        Substansi bab 3 sebenarnya lebih terfokus pada metode, teknik pengumpulan data                                     (instrumen) serta analisis data. Jika berupa PTK berisi langkah-langkah tindakannya

                         Ada beberapa alternatif yang dapat diterapkan. Benar-benar menghilangkan bab III,                                 menginclude bab 3 di bab 2 atau menarasikan bab 3 di awal bab pembahasan

                Menghilangkan bab 3 maksudnya keseluruhan isi bab 3 dihilangkan, sebab bunyi bab 3                 sebenarnya bisa dicermati dari isi pembahasannya

 

                Menginclude bab 3 di bab 2 maksudnya konsep pokok terpenting dari bab 3 digabung                    dalam bab 3.

                         Misal dari contoh ini, langkah-langkah tindakan saya include di Bab V dengan sub                                 Tahapan Penerapan Every One is Teacher Here Menggunakan Model Tindakan Kelas    

                          Menarasikan bab 3 di awal bab pembahasan maksudnya menyampaikan substansi isi                             bab 3 sebagai awal pembahasan

    6. Modifikasi Bab IV

                             Bagian ini sejatinya merupakan bagian inti isi buku, sesuai dengan judul buku. Bab                                 IV tidak lagi menggunakan judul Hasil Penelitian dan Pembahasan, namun                                             disesuaikan dengan konteks buku. Judul buku menjadi pilihan sebagai judul Bab IV

7. Modifikasi Bab V

                         Pada laporan hasil penelitian, bab V biasanya diberi judul PENUTUP. Judul tersebut                             dapat dipertahankan.

      Hanya saja, isi bab tidak hanya simpulan dan rekomendasi (saran) saja, namun                 ditambahkan temuan yang terkait dengan hasil penelitian 
.
     Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengkonversi KTI menjadi buku
1. Keaslian laporan hasil penelitian. Tindakan Plagiat tidak dibenarkan terlebih karya             seperti PTK kadang tidak dicek keasliannya. Namun saat diterbitkan jadi buku, maka         penulis harus yakin betul bahwa karya yang akan diterbitkan memang oroginal punya         penulis sendiri
2`. Menghindari kompilasi yang terlalu banyak.
3.  Memilah dan memilih data yang dipublikasikan. Data matang saja yang disajikan agar         buku berbobot dan tidak bombastis
4.  Modifikasi bahasa buku
5.  Hindari pengambilan sumber kutipan berantai atau pendapat yang kurang dapat                 dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
6. Wajib menuliskan semua daftar Pustaka yang dipakai sebagai rujukan dalam buku untuk      mendukung keabsahan buku.
7.  Memperhatikan kaidah penyusunan buku ber-ISBN khususnya jika akan dinilaikan             untuk KP sesuai Buku 4 PKB

                           Jujur materi kali ini luarbiasa menguras pikiran, materinya berat berbobot dan                                    berisi. Tidak ada satupun yang tidak penting, semuanya penting dan sangat berharga.                                Satu jam serasa singkat bagi saya, butuh membaca lagi point point yang sudah                                          tersampaikan diatas.

 



                             Sesi terakhir pada pertemua kali ini adalah tanya jawab. Banyak pertanyaan yang                                disampaikan  oleh peserta. Semua pertanyaan juga berbobot dan berisi. 
                    1.There dari tim solid
                        Maaf tadi disampaikan oleh Mr. Yons
                      Dalam contoh yang saya berikan, Bab VI Strategi Tim Quiz Dalam                                                          Pembelajaran TIK
                      Bab VI atau Bab VI?
                      Hanya saja, isi bab tidak hanya simpulan dan rekomendasi (saran) saja, namun                                      ditambahkan temuan yang terkait dengan hasil penelitian.
                      Tolong contoh konkrit dari kalimat diatas Mr. Yons?
                    Jawaban : Misal modifikasi PTK saya, bab VI : Pembelajaran TIK dengan penerapan                             strategi Tim  Quiz mampu menciptakan iklim belajar yang aktif, interaktif,                                               kolaboratif serta dapat  membangkitkan semangat belajar Strategi Tim Quiz yang                                     diterapkan dapat berhasil   jika ada dukungan .Sebaliknya jika dukungan tersebut kurang                         optimal maka capaian  yang diharapkan dari Strategi Tim Quiz
                             
                    Trimakasih kepada narasumber Bapak Eko Daryono S.Pd ilmunya sangat luarbiasa,                                 semoga ilmunya bisa kami aplikasikan dan juga moderator ibu Nur Dwi Yanti yang sangat                     atraktif dan penuh motivasi kepada kami




9 komentar:

LOMBA BLOG RAMADHAN DAY - 3

 LBR DAY -3  Sabtu, 25 Maret 2023 RAMADHAN SYAHRUL QUR'AN شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَ...